Selasa, 28 Januari 2014

Goodbye 2013 Welcome to 2014


 
Waktu setahun tak terasa, kini tinggal menghitung detik demi detik, maka tahun 2013 akan segera berganti… saat diluar sana orang-orang sedang asik melalui pergantian tahun dengan pesta pora atau riuh rendah suara petasan diiringi tiupan terompet serta gemerlap kembang api, saya lebih memilih untuk kembali memainkan jari jemari di atas tuts notebook kecil saya. Saya ingin mengabadikan hal-hal yang telah saya lalui sepanjang tahun 2013 kemarin melalui catatan kecil ini.
Setiap tahun yang telah lewat tentu memiliki kenangan tersendiri, seperti halnya tahun 2013, saat saya mencoba mengingat beberapa peristiwa yang terjadi ditahun ini, saya hanya bisa tersenyum seraya mengucap hamdalah. Sungguh betapa banyak nikmat serta anugerah yang Allah berikan dalam hidup saya, beberapa target yang telah saya goreskan dikertas putih satu per satu telah saya coret karena Allah berkenan mewujudkannya. Sujud syukur atas segala nikmat yang tak terhingga.
Awal tahun 2013 dengan sedikit keberanian dan modal nekat, saya mencoba hal baru yaitu menulis. Dunia yang tak pernah saya pikirkan sebelumnya untuk saya masuki. Berawal dari tulisan yang saya buat untuk seorang sahabat kemudian menyusul beberapa cerpen dan tulisan dengan tema yang berbeda, saya beranikan untuk mempublikasikan meski masih tidak percaya diri dengan karya sendiri, namun tak disangka beberapa teman memberikan tanggapan yang positif. Saya menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu saya pelajari untuk membuat karya saya semakin bagus, oleh karena itu saya selalu siap menerima segala kritik dan saran dari orang lain atas setiap karya-karya saya. Jujur… saya sangat menghargai dan bersyukur jika ada yang merespon positif tulisan saya, segala bentuk pujian dari pembaca saya jadikan sebagai pemicu untuk terus berkarya dan berbagi lewat tulisan. Setelah sekian lama, saya menyadari bahwa menulis adalah hal yang menyenangkan. Saya seperti menemukan sesuatu yang berharga dalam hidup dan saya tak ingin membuang apa yang telah saya temukan. Dalam waktu kurang lebih 3 bulan, telah ada beberapa tulisan yang terkumpul. Saya kemudian nekat untuk membukukannya, dengan segala usaha akhirnya lahirlah buku pertama. Pertengahan tahun 2013 proses penerbitan buku pertama selesai, saat itu juga saya mencoret target untuk “menerbitkan buku” sebagai tanda tercapainya mimpi saya. Salah satu target hidup yang saya tuliskan di akhir tahun 2012 yang lalu.
Setelah selesai buku pertama, saya masih harus berjuang untuk mewujudkan mimpi saya yang lain yaitu menyelesaikan pendidikan S1 saya di tahun 2013. Beberapa tahun yang lalu, saya memang telah menargetkan untuk menyelesaikan kuliah dalam kurun waktu maksimal 5 tahun, oleh karena itu saya berjuang keras untuk bisa mencapainya. Dalam perjuangan menyelesaikan skripsi merupakan saat yang berat untuk dilalui, entah berapa kali saya meneteskan air mata karena perasaan tertekan dan berbagai hal yang terasa kian menyulitkan untuk sampai pada kata “lulus”, tapi saya memutuskan untuk melawan dan bertahan atas segala cobaan yang ada. Saat saya berada dititik lemah, yang bisa saya lakukan hanyalah berdoa dan tetap berusaha hingga akhir. Alhamdulillah… selalu ada kemudahan dan jalan keluar atas segala cobaan yang diberikan, kesabaran dan usaha yang telah dilakukan berbuah manis saat saya resmi diwisuda bulan oktober lalu. Rasanya sungguh bahagia bisa melihat senyum kedua orang tua saat itu. Satu lagi target saya tercapai.
Di penghujung 2013, tepatnya bulan desember tanpa diduga Allah memberikan kejutan yang terduga. Saat itu berawal dari kecintaan saya terhadap membaca, membuat saya sering mengunjungi perpustakaan di daerah Banjabaru, karena setelah lulus kuliah saya banyak memiliki waktu luang untuk membaca buku maka intensitas meminjam buku diperpustakaan menjadi meningkat. Suatu hari, tiba-tiba saya mendapat undangan untuk mengikuti acara pemilihan raja dan ratu baca yang diadakan perpustakaan tersebut. Sungguh saya senang dengan diadakannya acara ini, saya merasa minat saya diapresiasi. Dengan penuh semangat saya mengikuti acara. Akhirnya setelah bersaing dengan beberapa kandidat dan melalui test serta wawancara, saya terpilih menjadi juara 1 ratu baca katagori mahasiswa. Awalnya ada perasaan tidak percaya bahkan saat saya maju ke depan untuk mengambil piala, masih sempat bingung tapi sekaligus senang dengan prestasi ini. Sempat terharu dan bangga ketika nama fakultas saya disebutkan karena dalam acara tersebut, saya juga membawa nama almamater. Ah… bahkan ketika tinggal menghitung hari untuk pergantian tahun, Allah masih berkenan memberikan saya kebahagian.
Terlepas hal-hal buruk yang terjadi disepanjang tahun 2013, saya memilih untuk lebih mengingat hal-hal baik yang telah saya alami agar saya senantiasa bersyukur. Meski dari sebagian target dan cita-cita yang tercapai, ada pula berbagai hal yang ternyata tak sesuai rencana tapi saya tetap yakin bahwa Allah lebih mengetahui mana yang terbaik untuk saya. Ditahun ini, bayangan yang masih melekat dipikiran adalah ketika saya memegang dan menatap haru buku pertama saya, ketika saya merasa bahagia melihat senyum orang tua saat saya wisuda, ketika saya untuk pertama kalinya mendapat piala. Namun ditahun yang sama, 2013… saya juga kembali diajarkan untuk sabar dan ikhlas melalui seseorang yang harus saya relakan pergi dan memilih bahagia dengan jalan yang ia ingini, saya belajar memaafkan dari orang-orang yang pernah hadir kemudian berlalu dengan meninggalkan luka. Apapun itu, segala bentuk perilaku yang pernah membuat dada ini sesak… saya anggap adalah ujian yang Allah berikan untuk menjadikan saya orang yang lebih kuat. Mungkin itulah cara agar saya semakin menjadi dewasa seiring bertambahnya tahun yang berarti berkurangnya umur saya.
Saat tulisan ini selesai, tahun telah berganti menjadi 2014… dimasa yang akan datang saya hanya bisa berharap bahwa Allah tetap menjaga segala niat baik dan cita-cita saya agar tetap ada dihati hingga ia berkenan mewujudkannya, saya juga akan terus memohon kekuatan atas segala cobaan yang mungkin akan saya hadapi dimasa depan. Saya menantikan apa saja yang akan terjadi dihari-hari selama tahun 2014. Selamat tinggal 2013… selamat datang 2014.

Selesai  di Banjarbaru 2.15 am
Rabu, 1 Januari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar